Rabu, 17 Mei 2017

SUKSES ITU HAK SEMUA ORANG

Semua orang ingin sukses, baik dalam urusan pribadi, keluarga ataupun kelompok seperti pekerjaan, pendidikan, karir dan profesi , sosial, budaya, anak-anak dan orang tua.  Sukses mempunyai definisi tersendiri bagi Anda dan orang lain.  Namun dapat dimengerti bahwa sukses merupakan pencapaian individual yang berdampak kepada orang lain disekitar Anda.  Sukses adalah hasil dari sebuah proses pengembangan diri yang berkesinambungan.  Misalkan Anda sebagai kepala keluarga tentu Anda ingin sukses memberikan pendidikan dan kehidupan terbaik kepada anak-anak dan pasangan hidup.  Sebagai seorang Pemimpin Perusahaan tentu Anda ingin sukses membuat organisasi akan bertumbuh dan berkembang dalam jangka panjang.  Dan masih banyak contoh lainnya.  Berikut langkah-langkah strategis untuk mencapai sukses dalam hidup Anda dikutip dari linkedin.com.
1.  Tetapkan Tujuan Anda (Set Goals)
Ketika Anda tahu kemana tujuan Anda, maka langkah hidup yang dijalani lebih menyenangkan dan membahagiakan daripada sekedar melakoni hidup mengalir begitu saja.    Anda tidak harus menunggu sesuatu diluar sana untuk membahagiakan Anda di masa depan, karena begitu Anda memutuskan sesuatu maka alam akan segera menjadikannya.
2.  Jangan Takut Gagal (Dont Fear Failure)
Anda perlu tahu bahwa kegagalan adalah bagian dari sebuah proses pembelajaran yang berujung pada keberhasilan dan sukses.  Anda mungkin dianjarkan bahwa gagal adalah pembelajaran buruk dalam hidup, namun ternyata dengan banyak menghadapi kegagalanlah Anda akan belajar untuk sukses. Tidak pernah ada sepanjang hidup Anda akan selalu benar, dan setiap waktu Anda akan berhadapan dengan gagal.  Setiap keberhasilan akan melalui beberapa kegagalan.
3.  Berani Menghadapi Resiko (Take Risks)
Hidup akan lebih menyenangkan dan menarik pada saat Anda berani mengambil risiko. Risiko bukan harus dihindari namun dihadapi, karena inilah proses pembekalan Anda menjadi orang yang berpengalaman.  Pada akhirnya Anda akan tahu kebenaran “No Pain No Gain”.  Risiko dapat dikalkulasi dengan baik, meski tidak ada jaminan akan tepat dan akurat.  Setiap peluang akan datang dari mana saja, namun tidak akan berada dalam waktu panjang, sehingga Anda perlu berani mengambil keputusan untuk memanfaatkan peluang tersebut.  Sebuah kehidupan yang sukses meliputi tidak memiliki penyesalan karena tidak mengambil cukup risiko.
4.  Terus Belajar (Keep Learning)
Makin banyak Anda tahu, makin banyak Anda tidak tahu.  Inilah konsep dasar dari belajar tiada henti.  Anda perlu mencari teman baru setiap saat, sehingga semakin luas wawasan dan pengetahuan Anda.  Pengetahuan selalu berdampak pada kehidupan setiap pagi, sehingga menjadi alasan bagi Anda agar selalu berkembang.
5.  Tidak berpuas Diri (Don’t Settle)
Jika Anda belum menemukannya makan teruslah mencari, jangan berhenti.  Beberapa kejadian dapat berlangsung dalam waktu yang sama, namun lainnya memerlukan waktu, tenaga dan pikiran yang tidak sedikit.  Apapun yang ada didepan Anda harus dihadapi dan dilalui, jangan pernah berpikir menyerah dan berbalik arah.
6.  Jalani Hidup Seimbang (Life Balanced)
Kehidupan selalu berbicara tentang keseimbangan, antara baik dan buruk, tinggi dan rendah.  Dalam kehidupan Anda akan menjalani perbedaan secara pasti, antara keluarga, pribadi, teman dan rekan kerja, komunitas, pasar dan lainnya.  Anda tidak mungkin memenuhi semua keinginan yang ada, namun Anda dapat meraih keseimbangan.  Lakukan pekerjaan Anda dengan sebaik mungkin, dapatkan penghasilan yang baik dari pekerjaan jujur Anda.  Keseimbangan dapat meliputi badan dan pikiran, mental dan spiritual, pribadi dan keluarga.
7.  Carilah Mentor (Seek a Mentor)
Benjamin Franklin berkata, “beritahu aku maka aku lupa, ajari aku maka ingat, libatkan aku maka aku belajar”.  Caar terbaik meraih sukses Anda adalah dengan belajar kepada mereka yang telah melalui jalan tersebut, sehingga Anda akan meminimalisir kejadian-kejadian yang berpotensi gagal.  Mentor mempermudah Anda melakukan yang terbaik dan efektif mencapai sukses.  Anda perlu luangkan waktu untuk berterima kasih kepada mentor terdahulu yakni orang tua, guru sekolah dan lainnya yang menginspirasi Anda untuk sukses.
8.  Diam dan Perhatikan (Listen)
Banyak orang hanya menunggu waktu berbicara ketiak dia diam, padahal dengan banyak mendengar Anda akan menemukan banyak ide dan pikiran.  Anda dengan lebih mendengar akan sangat mengerti apa yang dibicarakan dan terlibat dalam sebuah percapakan.  Ingatlah, bahwa keterlibatan akan membuat Anda akan belajar.  Mendengarkan memberi Anda kesempatan untuk menyuguhkan nasihat, solusi dan curahan.
9.  Jaringan (Networking)
Dalam membangun sebuah kesuksesan, tentu Anda tidak akan lepas dari orang lain.  Mereka yang menjadi rekanan, bawahan dan atasan Anda akan sangat berperan dalam pengembangan diri dan karir profesional Anda.  Orang akan lupa apa yang Anda katakan, apa yang Anda lakukan, namun tidak akan lupa bagaimana Anda memberikan perasaan kepada mereka.  Anda memerlukan orang lain untuk bersandar mencapai sukses.
10.  Bawa Catatan (Notebook)
Kapasitas pikiran Anda tentu sangat besar, namun perlu dimengerti bahwa kemampuan Anda dalam mempertahankan memory tidak lebih baik daripada sebuah catatan.  Memori otak kita cuma mampu bertahan untuk tiga menit, dan jika Anda tidak ingin kehilangan banyak ide, bawalah catatan dan selalu membawanya kemanapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar